Rabu, 07 Juli 2010

data

LOMBA SEKOLAH HIJAU (GREEN SCHOOL)

Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) “Londa” STKIP Bima yang merupakan salah satu Organisasi yang berorientasi di bidang Pelestarian Lingkungan Hidup, tentunya mempunyai beban moral dan berperan aktif untuk selalu memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada generasi-generasi penerus bangsa, dalam rangka meningkatkan kepedulian mereka terhadap kelestarian alam. Maka dari itu sebagai wujud nyata dari kepedulian ini, kami telah mengadakan kegiatan Lomba Green School (Sekolah Hijau) yang melibatkan 10 (Sepuluh) sekolah–sekolah SMP/MTs,SMA/MA,SMK/Sederajat yang ada di Kota Bima. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, sebagai terobosan kami untuk mencetuskan pendidikan lingkungan hidup ditataran dunia pendidikan formal yang ada dilingkup pemerintahan Kota Bimandan insya Allah kegiatan semacam ini akan kami adakan setiap tahunya, demi terciptanya generasi-generasi yang peduli akan kelestarian lingkungan hidup

A. MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini, meliputi :
1. Mendidik dan membina siswa sejak usia dini tentang arti pentingnya Pelestarian lingkungan hidup sebagai budaya bangsa.
2. Menciptakan sekolah menjadi lingkungan yang lestari mempunyai nilai keindahan, dan sekolah bersih
3. Merealisasikan Program Kerja Tahunan Dewan Pengurus (DP) MAPALA “Londa” STKIP Bima Khususnya Divisi Pelestarian Lingkungan Hidup (PLH).

B. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan Lomba Green School (Sekolah Hijau) dilaksanakan pada tanggal 12 Januari s/d 12 Maret 2010 yang bertempat di masing—masing sekolah SMP/MTs, SMA/MA,SMK Sederajat se- Kota Bima.

C. BENTUK KEGIATAN
Kegiatan ini berbentuk Lomba Green School (Sekolah Hijau) Tingkat SMP/MTs,SMA/MA,SMK Sederajat Se- Kota Bima. Adapun mata lombanya meliputi :
1. Penanaman Pohon
2. Kebersihan sekolah
3. Tata Taman Sekolah

D. PELAKSANA KEGIATAN
Pelaksana kegiatan Lomba Green School (Sekolah Hijau) adalah Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) “Londa” STKIP Bima bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DIKPORA) Kota Bima.

E. SASARAN
Sasaran yang ingin dicapai dalam pwlaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut :
1. Adanya “ Hidden Curiculum “ yakni pendidikan lingkungan hidup dalam bentuk pendidikan formal yang diadakan oleh pemerintah pusat dan daerah.
2. Meningkatnya kerja positif generasi muda khususnya pelajar dan masyarakat pada umumnya dalam rangka meningkatnya pemahaman tentang arti penting menjaga dan melestarikan lingkungan.
3. Terwujudnya perilaku menanam sejak usia dini.

F. PESERTA
Peserta dalam kegiatan Lomba Green School adalah sekolah SMP/MTS, SMK, SMA/MA Negeri/Swasta di kota Bima yang sudah ditunjuk oleh panitia berdasarkan data sekolah yang disurvei dan dianggap tepat untuk mengikuti kegiatan yang dimaksud dan adapun sekolah-sekolah yang menjadi peserta dalam pelaksanaan kegiatan ini antara lain :
NO NAMA SEKOLAH
ALAMAT

1. SMA AL-MAARIF Jln. Suku Bima (Karara) Rasa Na’e Barat Kota Bima
2. SMA AL-IKHWAN Jln. Imam Bonjol Kel. Salama Rasa Na’e Barat Kota Bima
3. SMPN 7 KOTA BIMA Jln. Gindi Jati Wanggi Kel. Jatiwangi Kec. .Asakota Kota Bima
4. SMAN 5 KOTA BIMA Jln. BTN Tambanan Kel. Jatiwangi Kec. .Asakota Kota Bima
5 SMK PGRI KOBI
Jln. Diponegoro Raba Kota Bima (samping KLK)

6 SMPN 11 KOTA BIMA Jln.Datuk Dibanta Kel. Jatiwangi Kec. .Asakota Kota Bima
7. MA DH. Soncolela Jln. Pondok Pesantren Kel. Sonco Lela Kec. Mpunda Kota Bima
8. SMPN 8 Kota Bima
Jln. Pemuda Penatoi Kel. Penatoi Kec. Mpunda Kota Bima

9. SMK 45 Kota Bima Jln. Soekarno-Hatta Kel. Rabanggodu Kec. Raba Kota Bima
10. SMP Darul Furkan Jln. Poros Sape Dodu Kel.Dodu Kec Rasa Na’e Timur Kota Bima

G. PRESTASI
Adapun Sekolah-sekolah sebagai peserta pada kegiatan lomba Green School (sekolah Hijau), yang berhak dan layak untuk memperoleh juara, Antara lain :
1. Juara 1 (Satu) SMPN 8 Kota Bima
2. Juara II (Dua) SMK 45 Kota Bima
3. Juara III (Tiga) SMA AL-MAARIF Kota Bima (Surat Keputusan terlampir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar